Hubungan penggunaan kb suntik dmpa dengan peningkatan berat badan

Secara teoritis memang suntik bisa menimbulkan kenaikan berat badan karena retensi cairan akseptor kontrasepsi hormonal dapat mengalami retensi cairan ektra selular yang menimbulkan kesan gemuk dan meningkatkan berat badan karena ada cairan yang terjebak di ektra selular. Sedangkan didapatkan perbedaan yang signifikan antara berat badan awal dengan berat badan ketiga kali suntik dan berat badan awal berat dengan badan keempat kali suntik.

KB Suntik 3 bulan.doc

Sebagian besar para pasangan usia subur di Indonesia menggunakan kontrasepsi suntik Suzzane, This type of research is an analytic correlation with cross sectional approach. Manfaat Praktis Dapat menjadi masukan bagi institusi Puskesmas Paccing Kabupaten Bone dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan melalui peningkatan kinerja bidan terhadap pasien.

This type of study is analytic observational with cross sectional study design and retrospective approachment which is to capture data that is only done once using medical record. Bila ada riwayat tekanan darah tinggi, metode kontrasepsi non hormonal mungkin pilihan yang lebih baik.

Suparyanto, M. The sample in this study a total of 74 subjects were drawn from medical records of patients.

HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN KB SUNTIK DMPA DENGAN PENINGKATAN

Semua metode kontrasepsi mempunyai efek samping akibat pemakaian KB, bukan gejala suatu penyakit, yang harus diketahui oleh pemakai akseptor sebelum memakainya.

Cara ini mulai di sukai masyarakat kita dan di perkirakan setengah juta pasangan memakai kontrasepsi suntikan untuk mencegah kehamilan. Yang bersifat permanen dinamakan pada wanita tubektomi dan laki-laki vasektomi. Definisi Kontrasepsi suntik adalaha lat pencegah kehamilan yang pemakaiannya dilakukan dengan jalan menyuntikkan obat tersebut pada ibu yang masih subur BKKBN, Kontrasepsi suntik memiliki kelebihan dan kekurangan.

Faktor-faktor yang mengontrol tekanan darah Kozier menyebutkan faktor-faktor yang dapat mengontrol tekanan darah yaitu: Perubahan BB kemungkinan disebabkan karena hormon progesteron mempermudah perubahan karbohidrat dan gula menjadi lemak, sehingga lemak banyak yang bertumpuk di bawah kulit dan bukan merupakan karena retensi penimbunan cairan tubuh, selain itu juga DMPA merangsang pusat pengendali nafsu makan di hipotalamus yang dapat menyebabkan akseptor makan lebih banyak dari biasanya.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa tidak ada masalah berkaitan dengan berat badan. Metode Statistik Inferensial. Populasi dan Sampel 1. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar.

Hal tersebut dicurigai dapat menambah besar resiko timbulnya penyakit kardiovaskuler yaitu timbulnya arteriosklerosis Hartanto, Tahu Know Tahu diartikan sebagai pengingat suatu materi yang telah dipelajari sebelumnya. Efek samping kontrasepsi suntik yang paling tinggi frekuensinya yaitu peningkatan berat badan.

HUBUNGAN PEMAKAIAN ALAT KONTRASEPSI SUNTIK DENGAN

Dengan bertambahnya nafsu makan, karbohidrat yang dikonsumsi dari makanan oleh hormon progesteron dirubah menjadi lemak, sehingga terjadi penumpukan lemak yang menyebabkan berat badan bertambah. Setelah suntikan pertama kadar DMPA dalam darah mencapai puncak setelah 10 hari.

Perubahan berat badan ini akibat adanya penumpukan lemak yang berlebih hasil sintesa dari karbohidrat menjadi lemak Mansjoer, Sistole adalah periode relaksasi ventrikel. Bila spooting terus berlanjut, atau haid telah berhenti tetapi kemudian terjadi perdarahan, maka perlu di cari penyebab perdarahan tersebut kemudian di lakukan penanganan yang tepat.

Kapita Selekta Peningkatan Pelayanan Kontrasepsi. Sehingga merupakan barier terhadap spermatozoa. Elektromedik dan pengembangannya.

Anjurkan untuk menjaga kebersihan alat genetalia dan pakaian dalam agar tetap bersih dan kering. Evaluasi Evaluation Evaluasi yaitu berkaitan dengan kemampuan untuk melakukan justifikasi atau menilai terhadap suatu materi atau objek.

Mekanisme kerja kontrasepsi suntikan Depo Provera Medroxy Progesterone DMPAdosis yang lazim dipakai adalah mg diberi secara suntikan intra muscular setiap 3 bulan.

Pekerjaan dari peserta KB dan suami akan mempengaruhi pendapatan dan status ekonomi keluarga. Notoatmodjo, Apakah ada hubungan antara kontrasepsi suntik 1 bulan atau 3 bulan dengan peningkatan berat badan akseptor KB di BPS Enny Juniati tahun ?

Menurut Saifuddinuntuk pemakaian kontrasepsi suntik dalam jangka panjang dapat menimbulkan kekeringan pada vagina, penurunan libido, gangguan emosi, sakit kepala dan dapat menimbulkan jerawat. Akibatnya pemakaian suntikan dapat menyebabkan berat badan bertambah Hanafi, Sebuah penelitian melaporkan kenaikan berat badan lebih dari 2,3 kg pada tahun pertama dan selanjutnya meningkat secara bertahap sehingga mencapai 7,5 kg selama 6 tahun.

Faktor intern Adalah faktor yang dapat mempengaruhi berat badan seseorang dan bersumber dari atau pada tubuh itu sendiri.

Hipotesa para ahli, DMPA merangsang pusat pengendali nafsu makan di hipothalamus, yang menyebabkan akseptor makan lebih banyak dari biasanya.Metode yang digunakan untuk menguraikan gambaran pengetahuan dan sikap pada ibu akseptor KB suntik terhadap kenaikan berat badan secara vsfmorocco.com IITINJAUAN PUSTAKAA.

Konsep dasar Keluarga Berencana1. Definisi Keluarga Berencana Keluarga Berencana adalah usaha untuk mengukur jumlah dan jarak anak yang diinginkan. 9/27/ · Skripsi kb hormonal bab i 1. HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN KONTRASEPSI HORMONAL SUNTIK DMPA DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN DI PUSKESMAS LAPAI KOTA PADANG SKRIPSI Diajukan ke Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sebagai pemenuhan salah satu syarat untuk mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran Oleh DHANIA PRATIWI No.

BP. Hasil penelitian ini meliputi hubungan pemakaian kontrasepsi dengan peningkatan berat badan dengan data umum dan data khusus. Data umum (umur, Jenis Kontrasepsi), data khusus (pemakaian kontrasepsi dengan peningkatan berat badan) di BPS Suyatun Desa Tegalyasan Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi.

1. Gambaran Umum Lokasi PenelitianAuthor: Aangcoy hubungan lama pemakaian kb suntik dmpa dengan peningkatan berat badan pada akseptor di puskesmas mergangsan kota yogyakarta tahun naskah publikasi disusun oleh: emi rahmawati program studi bidan pendidik jenjang div sekolah tinggi ilmu kesehatan ‘aisyiyah yogyakarta tahun HUBUNGAN LAMA PEMAKAIAN DMPA DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN AKSEPTOR SUNTIK DI BPS SUHANDRIYAH KEDON SUMBERMULYO BANTUL vsfmorocco.com Nurul Isnaini vsfmorocco.com vsfmorocco.com’aini Dewi INTISARI Latar Belakang: KB suntik DMPA merupakan salah satu alat kontrasepsi pilihan dari para ibu.

KB suntik juga beberapa efek samping salah satunya adalah. Wanita yang menggunakan kontrasepsi medroxyprogesterone acetate (DMPA) atau dikenal dengan KB suntik 3 bulan, rata-rata mengalami peningkatan berat badan sebanyak 11 pon atau 5,5 kg dan mengalami peningkatan lemak tubuh sebanyak 3,4% dalam waktu 3 tahun pemakaian, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Texas Medical Branch (UTMB).5/5.

Hubungan penggunaan kb suntik dmpa dengan peningkatan berat badan
Rated 5/5 based on 27 review