Susu menetralkan obat

Adapula anjuran, ketika minum obat, setelahnya kita tidak diperbolehkan langsung minum susu, benarkah demikian? Oleh karena itu, lebih baik obat diminum bersama air putih. Sumber Replubika.

Susu Menetralkan Obat, Fakta atau Mitos?

Jenis yang terkenal adalah aspirin dan ibuprofen. Antibiotik yang termasuk kelompok ini ialah penisilin, sefalosporin, basitrasin, dan vankomisin. Tetracycline memang tidak boleh diminum bersamaan dengan susu.

Lantas benarkah susu akan menjadi penetral ketika diminum bersamaan dengan obat?

Contohnya adalah obatan-obatan anti maag seperti Antasida, Ranitidin,dan Omeprazol. Hal ini karena kinerja obat dan suplemen tersebut didukung oleh berbagai kandungan susu.

BENARKAH SUSU MENETRALKAN OBAT, MITOS ATAU FAKTA?

Akibatnya penyerapan dan efektivitas obat pun terhambat. Kesimpulan, Bolehkah minum obat dengan susu? Susu menetralkan obat yang mengandung tiroid juga akan bereaksi terhadap kandungan kalsium dalam susu. Hal utama yang perlu diperhatikan dalam aturan minum obat adalah apakah obat tersebut boleh diminum bersamaan dengan makanan termasuk susu atau tidak.

Susu bekerja untuk memperkecil volume racun dalam tubuh, melapisi saluran cerna, dan kandungan laktosanya membantu mempercepat pembuangan racun di dalam tubuh. Mungkin Anda pernah mendengar anjuran ketika terdapat kasus keracunan sebaiknya diberi banyak susu untuk menetralkan racun dalam tubuh.

Obat-obatan yang tergolong dalam NSAID ini bersifat lypophylic, mudah larut dalam lemak sehingga sering dianjurkan untuk diminum dalam waktu 30 menit sesudah makan. Selain susu, jus jeruk juga banyak mengandung kalsium, sehingga tidak dianjurkan diminum bersamaan dengan jenis obat di atas.

Obat yang dikonsumsi secara oral akan lebih efektif bagi seseorang jika dikonsumsi dengan cara pemakaian yang benar dan diserap dengan baik oleh tubuh. Tetapi jika anda masih ragu atau merepotkan lebih baik minum obat dengan air putih saja.

Definisi antibiotik yang kita tahu adalah bahan kimia yang dihasilkan oleh mikroba yang dalam konsentrasi tertentu mempunyai kemampuan menghambat atau membunuh mikroba lain. Mungkin Anda pernah mendengar anjuran ketika terdapat kasus keracunan sebaiknya diberi banyak susu untuk menetralkan racun dalam tubuh.

Meminum obat sebelum makan berarti obat tersebut diminum lebih dari satu jam sebelum makan atau dengan kata lain, perut dalam keadaan kosong. Pada umumnya, kebanyakan obat tidak dipengaruhi oleh makan. Adapula kopi, dan teh yang masing-masing mengandung zat-zat seperti kafein dan tannin yang mungkin saja bereaksi dengan obat yang kita minum.

Meminum obat setelah makan berarti obat diminum lebih dari dua jam setelah makan atau dengan kata lain perut harus dalam keadaan kosong. Pada dasarnya suatu infeksi dapat ditangani oleh sistem pertahanan tubuh, namun adakalanya sistem ini perlu ditunjang oleh penggunaan antibiotik.

Antibiotik merupakan obat yang paling banyak digunakan pada infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Meminum obat sebelum makan berarti obat tersebut diminum lebih dari satu jam sebelum makan atau dengan kata lain, perut dalam keadaan kosong.

Obat oral harus diserap dari saluran pencernaan hingga masuk ke dalam aliran darah lalu dikirim ke jaringan sel yang sakit. Namun disayangkan masyarakat mengambil kesimpulan sederhana bahwa semua obat dapat berkurang khasiatnya jika diminum dengan susu, dan berpendapat bahwa kurang berkhasiatnya obat tersebut karena susu mampu menetralkan obat.

Tetrasiklin adalah antibiotika yang digunakan untuk melawan infeksi. Anggapan tersebut tidaklah benar. Adapula anjuran, ketika minum obat, setelahnya kita tidak diperbolehkan langsung minum susu, benarkah demikian?Di kalangan masyarakat, masih berkembang anggapan bahwa susu akan menetralkan obat jika diminum bersamaan.

Tentu anggapan ini salah. Tentu anggapan ini salah. Susu tidak menetralkan obat. Memang betul, tetrasiklin tidak boleh diminum berbarengan dengan susu. Namun disayangkan masyarakat mengambil kesimpulan sederhana bahwa semua obat dapat berkurang khasiatnya jika diminum dengan susu, dan berpendapat bahwa kurang berkhasiatnya obat tersebut karena susu mampu menetralkan obat.

Susu mengandung protein yang bersifat menetralkan racun. Mungkin Anda pernah mendengar anjuran ketika terdapat kasus keracunan sebaiknya diberi banyak susu untuk menetralkan racun dalam tubuh. Sedangkan obat-obatan yang boleh dan bahkan dianjurkan diminum dengan susu adalah griseofulvin, serta vitamin A, D, E, dan K.

Hal ini karena kinerja obat dan. Anggapan bahwa susu dapat menetralkan obat berkembang pada tahundimana obat Tetracycline digunakan secara luas sebagai antibiotik. Tetracycline memang tidak boleh diminum bersamaan dengan susu.

Susu menetralkan obat
Rated 0/5 based on 56 review